New Year Resolution: Minimalism - A Mind Changing Moment





Sekali lagi, kalendar masehi berganti. Orang-orang turun ke jalan, merayakan pergantian tahun dengan kembang api, nyanyi dan tari. Sembari berkata dalam hati, bahwa akal pikiran dan kebiasaan, akan mulai di reset hari ini.

Tahun baru, pribadi baru, semangat baru, padahal tidak ada yang membedakan antara 1 Januari 2018 dan 22 Maret 2018 (except that's when my birthday is), karena keduanya adalah sama. Sama-sama hari yang baru. Tidak peduli dengan itu, setiap orang tetap saja membuat resolusi tahun baru. Tidak ada kan yang membuat resolusi minggu baru, bulan baru. Tidak. Hanya pada pergantian tahun seseorang akan mulai me-setting tujuannya hidupnya. (Tapi masih saja ada orang yang tidak percaya pada keterhubungan antara pergerakan tata surya dengan kepribadian manusia. red: Astrology).

Pergantian tahun sebagai permulaan dari pergantian resolusi hidup, menunjukkan adanya ketergantungan pribadi/karakter manusia terhadap posisi tata surya. Saat bumi menyempurnakan perjalanannya, saat posisinya berada di satu titik (yang berbeda beberapa derajat dari hari-hari lain), saat itulah manusia meniatkan langkah barunya. Selanjutnya, Bumi akan kembali berevolusi, beredar mengelilingi matahari.

***

Umur memang tidak ada yang tahu, kita semua menua seiring dengan pergantian hari yang baru. Tidak ada yang bisa menghentikan jalannya sang waktu, yang bisa dilakukan hanya memanfaatkan dengan sebaik-baik perilaku.

Bagi seorang minimalist, setiap detik harus dinikmati dan dimanfaatkan dengan baik. Meskipun saat itu keinginan dan harapan belum menampakkan wujudnya. Menikmati apa yang ada di depan mata, dan tidak sibuk menerka-nerka akan bagaimana nantinya. 2017 rupanya berjalan dengan baik, kan?

Meminimalkan rencana-rencana yang hanya akan menimbulkan ekspektasi ketinggian, adalah cara jitu menghadapi 2018. Belajar untuk berpasrah - tapi bukan menyerah - dan yakin bahwa semua akan berakhir indah.

Jangan khawatir jika mimpimu belum terwujud sekarang. Tidak usah peduli dengan kata orang bahwa kau belum seperti yang mereka harapkan. People live at their own pace, be slow, or be fast, it's all yours. 

Jika saat ini ada yang tengah mendamba pekerjaan, yakinlah bahwa langkah yang diambil adalah mendekatkan diri pada pekerjaan yang diinginkan. Jika saat ini ada yang tengah mendamba pasangan, yakinlah jika setiap keputusan yang diambil adalah untuk mendapat ridha-Nya dalam mempertemukan kalian berdua.

Selalu ada hal baik yang terjadi jika seseorang berbaik sangka pada semesta. Karena energi positif yang dipancarkan oleh seorang optimis akan berbalik positif pada dirinya, dengan yang kita kenal sebagai blessing. 

***

Tahun terus berganti, dan menua adalah pasti.,
Perubahan bukan sesuatu yang bisa kita hindari,.
Maka untuk menyikapi setiap hari yang tak terganti.,
Will you change your mind, for me? 

***

Merubah prinsip dan cara pandang terhadap hidup bukan hal yang bisa terjadi dalam sehari-semalam. Mentang-mentang satu januari, simsalabim tiba-tiba kita menjadi orang berbeda. Apalagi menjadi minimalist. Buka proses sehari jadi. It takes effort, consistency, and commitment. Menggeser pola pikir yang tadinya konsumtif menjadi kreatif, adalah level lanjutan minimalism.

Januari baru akan dimulai, so.. shall we? 


Comments

Popular posts from this blog

Something to Look Forward to

June!! (Again)

My COVID Story